Senin, 28 Mei 2012

Teknik evaluasi IMK(Interaksi Manusia & Komputer)

Teknik evaluasi — Presentation Transcript
•    1. Arfianti (092904019)Pendidikan Teknik Informatika dan KomputerUniversitas Negeri Makassar2011
•    2. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti Evaluasi digunakan untuk melihat apakah hasil rancangan dengan proses uji coba system yang telah dibuat sesuai dengan permintaan pengguna (user). Proses ini tidak dikerjakan dalam satu fase proses perancangan tetapi melalui perancangan dengan prinsip life cycle. Evaluasi digunakan untuk melihat :  Seberapa jauh
 sistem berfungsi  Efek suatu interface ke pengguna  Problem yang terjadi pada system Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar
•    3. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti  Dalam kondisi percobaan (Laboratory)  Dalam kondisi lokasi kerja sebenarnya  Participatory Design Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar
•    4. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 4 Universitas Negeri Makassar
•    5. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti Penggunaan pengujian system ini pada ruang percobaan mempunyai beberapa kondisi diantaranya  Laboratorium yang bagus biasanya memiliki fasilitas perekaman audio/visual yang baik, komputer beserta perlengkapannya yang mungkin tidak ada pada lokasi kerja sebenarnya.  Operator bebas dari gangguan yang menghambat pekerjaan.  Sistem yang akan digunakan ditempatkan pada lokasi yang berbahaya atau lokasi yang terpencil, contoh stasiun ruang angkasa. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 5 Universitas Negeri Makassar
•    6. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti  Dapat memanipulasi situasi untuk memecahkan masalah dan melihat s sedikit penggunaan prosedur atau membandingkan beberapa alternatif perancangan dengan situasi yang sebenarnya.  Situasi pada laboratorium tidak dapat menggambarkan situasi ruang kerja sebenarnya dan terdapat beberapa orang yang tidak bisa bekerja pada kondisi di laboratorium Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 6 Universitas Negeri Makassar
•    7. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 7 Universitas Negeri Makassar
•    8. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti Penggunaan pengujian system ini pada lokasi kerja sebenarnya mempunyai beberapa kondisi diantaranya :  Tingkat gangguan yang melebihi ambang batas, tingkat- tingkat pergerakan yang besar dan interupsi yang tetap, seperti panggilan telepon menyebabkan observasi ini sulit dilakukan.  Situasi yang lebih “terbuka” antara system dan pengguna, dimana kondisi ini tidak ditemukan pada kondisi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 8 di laboratorium Universitas Negeri Makassar
•    9. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 9 Universitas Negeri Makassar
•    10. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti Perancangan ini dilakukan pada ruang kerja yang melibatkan pengguna yang tidak hanya digunakan sebagai subyek percobaan tetapi juga sebagai anggota yang aktif dalam team perancangan. Mempunyai tiga karakteristik :  Meningkatkan lingkungan kerja dan tugas  Mempunyai sifat kerja sama, yakni pengguna dilibatkan dalam anggota team dan mempunyai kontribusi pada setiap tingkat perancangan.  Mempunyai pendekatan iterative, perancangan adalah suatu subyek untuk evaluasi dan revisi pada setiap tingkatan. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 10 Universitas Negeri Makassar
•    11. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 11 Universitas Negeri Makassar
•    12. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti Suatu usaha yang dilakukan untuk mengenalkan teori psikologi ke dalam bentuk informal dan subyektif . Mempunyai tujuan untuk mengevaluasi perancangan dengan melihat seberapa besar dukungan yang diberikan ke pengguna untuk mempelajari beberapa tugas yang diberikan. Pendekatan ini dikemukakan oleh Polson. Dalam pendekatan ini terdapat beberapa issue yang timbul seperti :  Pengaruh apa yang timbul setelah tugas ini diberikan ke pengguna?  Proses cognitive apa yang tersedia? Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 12  Masalah pembelajaran apa yang seharusnya Universitas Negeri Makassar timbul?
•    13. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti Untuk melakukan Cognitive Walkthrough harus mempunyai informasi yang dibutuhkan : – Deskripsi dari suatu interface yang dibutuhkan itu sendiri – Deskripsi dari tugas termasuk usaha yang benar untuk melakukannya dan struktur tujuan untuk mendukungnya Dengan Informasi ini maka Evaluator dapat melakukan langkah dari walkthrough :  Memilih Tugas  Mendeskripsikan Tujuan dari user  Melakukan kegiatan yang tepat  Menganalisa proses keputusan untuk setiap kegiatan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 13 Universitas Negeri Makassar
•    14. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti – Langkah selanjutnya adalah membandingkan struktur tujuan yang tersedia dengan struktur tujuan pada langkah awal. Hal ini dilakukan dengan empat pertanyaan:  Akankah user gagal untuk menambah tujuan yang diperlukan ?  Akankah user gagal untuk memindahkan tujuan yang tidak diinginkan ?  Akankah user mengadopsi beberapa dasar tujuan yang palsu dari interface ?  Akankah user membatalkan tujuan yang masih dibutuhkan ? Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 14 Universitas Negeri Makassar
•    15. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 15 Universitas Negeri Makassar
•    16. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti Hampir sama dengan Cognitive Walkthrough tetapi sedikit terstruktur dan sedikit terarah. Dalam system ini terdapat beberapa criteria :  Perilaku Sistem dapat dipastikan.  Perilaku Sistem konsisten  Kemampuan memori user tidak melebihi batas  Dialog merupakan orientasi tugas Tujuannya :  Untuk memperbaiki perancangan secara efektif.  Orang yang melakukan evaluasi melalui kinerja dari serangkaian tugas dengan perancangan dan penilaiannya sesuai dengan kriteria setiap tingkatan. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 16 Universitas Negeri Makassar
•    17. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti • Eksperimen antara psikologi dengan interaksi manusia dan komputer yang menghasilkan hasil-hasil eksperimen yang baik dan pengalaman yang nyata. • Dalam kenyataannya hasil eksperimen ini tidak dapat dipastikan mempertahankan keadaan yang tetap. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 17 Universitas Negeri Makassar
•    18. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti • Orang yang melakukan evaluasi harus memilih data secara hati-hati, rancangan ekperimen yang dipilih, subyek masyarakat yang digunakan, analisa penyelenggaraan dan asumsi yang telah dibuat • Mengevaluasi perancangan dengan mengkombinasi spesifikasi perancangan dan evaluasi ke dalam kerangka kerja yang sama. • Contoh GOMS model, keystroke level model dan design rationale. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 18 Universitas Negeri Makassar
•    19. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti • Perbedaan yang besar dengan evaluasi perancangan adalah keberadaan implementasi system yang ada dalam berbagai bentuk. • Hal ini dapat dimulai dari simulasi kemampuan interaktif dari suatu system, sebagai contoh Wizard of Oz, melalui fungsi prototype dasar sampai dengan system yang telah diimplementasi secara keseluruhan. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 19 Universitas Negeri Makassar
•    20. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti • Subyek – Pemilihan subyek sangat penting dalam beberapa eksperimen. – Harus setepat mungkin dengan keinginan user. – Jika subyek bukan user sebenarnya maka subyek yang dipilih harus sama usia dan tingkatan pendidikan serta pengalaman menggunakan komputer secara umum dan keterhubungan system yang sedang dalam pengujian Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 20 Universitas Negeri Makassar
•    21. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti • Variabel – Independent Variabel • Karakteristik suatu eksperimen yang memanipulasi untuk menghasilkan kondisi yang berbeda untuk perbandingan. – Dependent Variabel • Variabel yang dapat diukur dalam eksperimen. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 21 Universitas Negeri Makassar
•    22. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti • Hypothesis – Merupakan prediksi yang dihasilkan dalam eksperimen. – Masih menggunakan variable independent dan dependent, dimana variasi di dalam independent variable akan menyebabkan perbedaan pada dependent variable. – Tujuan dari eksperimen adalah untuk menunjukkan bahwa perkiraan benar dengan menyangkal adanya null hyphotesis, yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan dalam dependent variable diantara tingkatan dari suatu independent variable. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 22 Universitas Negeri Makassar
•    23. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 23 Universitas Negeri Makassar
•    24. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti  Between-Groups (Randomized) – Masing-masing subyek diberikan kondisi yang berbeda yakni kondisi eksperimen dan control. – Keuntungan perancangan ini adalah setiap user menghasilkan satu kondisi – Kerugiannya adalah dengan semakin banyak jumlah subyek yang tersedia akan menyebabkan hasilnya akan berkurang dan perbedaan antar setiap individu akan membuat bias hasil. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 24 Universitas Negeri Makassar
•    25. Interaksi Manusia dan KomputerCreated By Arfianti • Within-Groups – Setiap user akan menampilkan kondisi yang berbeda – Jumlah user yang tersedia lebih sedikit – Pengaruh dari subyek lebih sedikit Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 25 Universitas Negeri Makassar


Tidak ada komentar: